Menu
Media Belajar

5 Contoh Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Kehidupan Sehari-Hari

  • Share

Hai Gaes di Google Media Belajar – GoogMed.com. Tentu sobat tengah bingung cari penjabaran soal bukan?

Gak usah galau karena kakak sudah berada pada website yang tepat. Gak cuma itu aja, sobat juga dapat tanya bermacam soal yang amat rumit sekalipun disini.

Nah persisnya kakak-kakak dari tim GoogMed.com akan membantu menjawab. Malam ini kita akan membahas tentang soal yang sering ditanyakan yaitu 5 Contoh Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Kehidupan Sehari-Hari. Lihat penjabarannya dibawah ini :

Diakui atupun tidak pada era yang maju ini tentunya banyak bidang yang mengalami perkembangan pesat, baik itu gaya hidup hingga perkembangan teknologi yang semakin canggih. Gaya hidup ini banyak memiliki dampak positif. Namun juga memiliki dampak yang negatif. Semua itu disebabkan oleh kurangnya pengawasan dan mawas diri dalam menghadapi perkembangan zaman.

Disisi lainnya, diperlukan proses sosial dan interaksi sosial dalam menjalani gaya hidup termasuk dalam keberlanjutan yang artinya berhubungan dengan sikap serta sifat penghematan energi sehingga nantinya warisan-warisan terkait dengan kekayaan alam bisa dinimati oleh semua pihak.

Gaya Hidup Berkelanjutan

Gaya hidup berkelanjutan adalah penjalankan proses kehidupan yang dilakukan oleh setiap individu dan kelompok dalam menyikapi perubahan lingkungan yang bisa saja berhubungan dengan pelestrian maupun menjagaan ekosistem.

Contoh Gaya Hidup Berkelanjutan

Adapun untuk penerapan dalam contoh kasus gaya hidup berkelanjutan di masyarakat. Misalnya saja;

  1. Hemat Energi

Penghematan energi bisa dilakukan oleh semua pihak khususnya bagi kegiatan ekonomi industri, produksi, dan konsumsi dengan mematikan alat-alat produksi yang tidak dibutuhkan. Bahkan dalam ranah keluarga penerapan ini bisa dilakukan dengan mematikan lampu di pagi hari ditambah lagi mempergunakan lampu yang hemat energi.

  1. Naik transportasi umum

Kasus lainnya yang bisa berhubungan dengan gaya hidup berkelanjutan misalnya saja naik transportasi umum setiap hari baik dilakukan oleh pelajar ketika berangkat sekolah ataupun pegawai yang ingin berangkat ke kantor. Sikap ini sejatinya cara kecil yang bisa dilakukan semua pihak.

  1. Membuang sampah pada tempatnya

Lain halnya penerapan gaya hidup berkelanjutan berhubungan dengan proses pembuangan sampah pada tempatnya yang bisa saja dilakukan oleh semua pihak. Alasannya karena sampah ketika dibuang dengan semabarangan apalagi plastik bekas makanan memberikan dampak besar pada lingkungannya.

  1. Membuat ekowisata

Ekowisata dianggap penting sekaligus dianggap sebagai bagian daripada gaya hidup berkelanjutan yang berpartisipasi di dalamnya sehingga tujuannya agar generasi mendatang dapat mengalami aspek lingkungan yang relatif tidak tersentuh oleh intervensi manusia.

Prihal ini untuk sebagian besar studi ekowisata yang serius termasuk beberapa program universitas sekarang menggunakan ini sebagai definisi kerja. Contoh pembangunan ekowisata misalnya saja dengan adanya program untuk menanam pohon magrove.

  1. Belanja di Swalayan dengan Memakai Tote Bag/Tas dan Menghindari Plastik

Salah satu upaya yang dilakukan dalam mendung adanya program penerapan gaya hidup yang berkelanjutan ialah menghindari memakai plastik ketika memilh untuk belanja di swalayan ataupun minimarket. Tindakan ini sendiri beralasan demi mengurangi sampah plastik yang tergolong sebagai sampah nonorganik yang sulit terurai.

Nah, demikinalah artikel yang bisa dibagikan pada semua kalangan berkenaan dengan contoh penerapan gaya hidup berkelanjutan di masyarakat yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga saja memberi wawasan bagi kalian.


No votes yet.